Ketika menggambar 2D, gambar ditampilkan pada bidang datar yang terletak pada sumbu x dan sumbu y, dengan nilai sumbu z = 0. Untuk gambar 3D, gambar dibuat pada tiga sumbu koordinat yaitu x,y, dan z.
Hampir semua perintah AutoCAD selalu diawali dengan titik pertama (start point) dan diakhiri dengan titik akhir (end point). Ada tiga macam cara menentukan suatu titik pada ruang, yaitu :
1- Koordinat Cartesian ( rectangular-coordinat)
Suatu titik yang terletak pada koordinat (x,y,z). Misalnya titik A berada pada koordinat (20,40,50) tampak pada gambar-1.
![]() |
Gambar-1 |
2- Koordinat Cylindrical
Pada sistem ini, untuk menggambar atau menentukan sebuah titik pada ruang yaitu dengan (jarak)<(sudut),(z).
Misal titik B terletak pada ruang dengan jarak 80 (unit) dengan sudut 45° terhadap sumbu x dan mempunyai ketinggian 50 (unit), maka cara penulisannya : 80<45,50 lihat gambar-2.
Titik C terletak pada jarak 60 (unit) dari koordinat (0,0,0) dengan sudut 30° terhadap sumbu x dan ketinggian z = 0 (unit), maka penentuan titik tersebut adalah 60<30,0 lihat gambar-3.
![]() |
Gambar-2 |
![]() |
Gambar-3 |
3- Koordinat Spherical
Posisi titik berada pada jarak tertentu dari koordinat (0,0,0), dengan sudut terhadap x tertentu dan sudut terhadap bidang xy ke titik tersebut tertentu juga. Misalnya : 80<30<45, maksudnya adalah :
- titik D terletak pada ruang dengan jarak 80 (unit) terhadap koordinat (0,0,0)
- titik D terletak 30° terhadap sumbu x
- titik D terletak 45° terhadap bidang datar xy
![]() |
Gambar-4 |
Temukan film favorit, acara hiburan dan video yang Anda suka dengan UseeTV GO. Nonton TV Online streaming acara TV melalui smartphone Anda dengan koneksi internet jadi makin seru. Download UseeTV GO melalui Play Store atau App Store sekarang! Anda dapat melakukan login pada layanan UseeTV GO melalui email yang Anda daftarkan di website Useetv.com, akun myIndiHome, atau melalui sosial media Facebook/Twitter.
BalasHapus